free web site traffic and promotion

Kamis, 28 April 2011


komputer terlalu panas, lalu komputer mati sendiri.Itulah keluhan yang paling banyak dialami para pengguna komputer.Ada banyak hal yang menyebabkan komputer menjadi overheating atau terlalu panas.
Berikut ini beberapa hal penyebab komputer menjadi overheating.
1. Tegangan/voltase Power Suply yang melebihi batas tegangan yang telah di tentukan. Jika terjadi kebocoran pada Power Suply, tegangan listrik keluar menuju mainboard dan komponen lain akan naik. Naiknya tegangan listrik ini akan menyebabkan 2 kemungkinan yaitu seluruh komponen CPU jadi panas, atau salah satu/beberapa komponen langsung rusak. Untuk hal ini sebaiknya menggunakan Stabilizer/stavolt untuk menjaga kestabilan supply tegangan listrik.
2. Komputer digunakan main game.Untuk menampilkan permainan yang sempurna, ada setidaknya 3 komponen yang bekerja berat secara langsung yaitu Processor, Memory Utama dan VGA. Pekerjaan berat yang dilakukan terutama oleh Processor akan menimbulkan panas yang lumayan tinggi dan bisa saja menyebabkan komputer langsung mati sendiri. Solusinya:tambahkan kipas pengisap pada bagian belakang CPU untuk mengisap udara panas dari dalam CPU.
3. Kipas pendingin Processor rusak, kotor berdebu.Hal ini menyebabkan kecepatan kipas menurun maka suply udara pendingin juga akan menurun sehingga Processor menjadi overheating. Solusinya; buka kipas pendingin, bersihkan dari debu lalu pastikan bahwa kipas tersebut masih berputar dengan normal.
4. Aluminium Heatsink (pendingin) Processor atau pada VGA berdebu/kotor.Tumpukan debu bisa menghambat proses pendinginan yang disuply oleh kipas. Solusinya; bersihkan heatsink ini dengan baik dan sebaiknya hal ini dilakukan secara berkala.
5. Kedudukan Aluminium Heatsink (pendingin) tidak rapat dengan Processor. Jika aluminium ini tidak menempel dengan tepat pada badan processor, maka processor akan overheat lalu kemudian komputer pasti mati sendiri. Solusinya; Jika anda bisa melakukannya (harap berhati-hati) buka kipas dan periksa apakah aluminium heatsink menempel dengan tepat pada Processor? Kalau perlu buka aluminium pendingin dan bersihkan pasta pada permukaan permukaan processor lalu oleskan kembali pasta yang baru(pasta bias anda dapatkan di took computer atau toko spare part elektronik).
Semoga bermanfaat..

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Website Submitters

Automated Directory Submitter
Submits your website to 23 of the top web directories.
Automated Search Engine Submitter
Submits your website to 19 of the top search engines.

Link-Based Tools

Link Popularity Checker
Check the number of links pointing to the website of your choice.
Link Suggestion Generator
Generate links that relate to the keyword/topic of your choosing.
No-Follow Finder
Scan a website to find no-follow links to various other sites.
Reciprocal Link Checker
Check multiple sites to see if they are really linking back to you.
Link Analyzer
Analyze incoming and outgoing links.
Backlink Checker
View the number of backlinks a site has listed.
Valid Link Checker
Use this tool to check for broken links on a website.