free web site traffic and promotion

Jumat, 20 Mei 2011

Apakah Frekuensi WIFI bisa Merusak Otak?

Pada dasarnya setiap gelombang radio akan berpengaruh / memiliki efek bagi manusia, namun tergantung pada besaran dan intensitasnya.
Frekuensi gelombang untuk wifi berada pada 2,4 Ghz yang menurut sebagian besar praktisi IT menyatakan bahwa frekuensi ini cukup aman bagi manusia, sedangkan besaran pancaran dari alat wifi yang biasa disebut Access Point dapat ditentukan sesuai dengan kebutuhan, pada umumnya hampir semua Access Point memiliki batas maksimal pancaran gelombang sebesar 100 miliwatt. Namun ada pula beberapa merk yang dapat ditingkatkan lagi pancarannya dengan cara mengupgrade firmware, namun hal ini sangat tidak disarankan. Sebab keuntungan yang didapat dari besaran pancaran gelombang tersebut adalah jangkauan Access Point yang dapat meningkat cukup signifikan dan bahkan dapat menembus halangan yang padat, misalnya tembok beton. Namun hal tersebut juga memiliki kekurangan yaitu efek radiasi yang berakibat bagi tubuh manusia.

Jadi, sebaiknya sesuaikan tingkat besaran pancaran gelombang Access Point sesuai dengan kebutuhan saja, jangan memaksakan dengan melebihi batas standar. Apabila anda membutuhkan jangkauan yang lebih luas untuk jaringan nirkabel anda sebaiknya dengan memposisikan AP pada tempat yang strategis dan minim halangan, dapat juga dengan menambahkan antena directional apabila ada tempat-tempat tertentu yang ingin dijangkau oleh AP namun jaraknya cukup jauh atau terdapat beberapa halangan yang dapat menurunkan sinyal AP
WiFi tidak berpengaruh secara langsung terhadap kesehatan. Kita tidak pernah mendengar ada peringatan bagi pemakai alat pacu jantung yang berada di dekat perangkat ber-WiFi, kan? Malahan, pemakai alat pacu jantung diberi peringatan untuk tidak berada terlalu dekat dengan Microwave.

Bahkan, bila dibandingkan dengan perangkat komunikasi lain, ponsel memiliki potensi lebih tinggi mempengaruhi otak karena peletakannya yang relatif lebih dekat dengan otak dibanding perangkat WiFi yang seringkali berjarak > 50 cm dengan otak
“Wi-Fi Alliance mengatakan bahwa jaringan Wi-Fi sebenarnya aman. Gelombang radio yang terdapat pada jaringan Wi-Fi menggunakan frekuensi yang sama dengan yang digunakan telepon rumah nirkabel.”
Tetapi bisa saja merusak otak walaupun kemungkinannya sangat kecil,oleh karena itulah mengapa gelombang frekuensi wifi diatur dengan sangat ketat & baik sehingga berdampak minimal bagi kesehatan.
Apakah pancaran Wi-Fi itu berbahaya atau tidak?, masih menjadi tanda tanya. Banyak hasil penelitian yang masih pro kontra. Yang jelas bahwa yang namanya Wi-Fi itu tergolong jenis gelombang radio. Dan gelombang radio itu intensitas radiasinya lebih rendah daripada gelombang cahaya, serta masih aman konsumsi pada taraf wajar.
Dari berbagai sumber.

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Website Submitters

Automated Directory Submitter
Submits your website to 23 of the top web directories.
Automated Search Engine Submitter
Submits your website to 19 of the top search engines.

Link-Based Tools

Link Popularity Checker
Check the number of links pointing to the website of your choice.
Link Suggestion Generator
Generate links that relate to the keyword/topic of your choosing.
No-Follow Finder
Scan a website to find no-follow links to various other sites.
Reciprocal Link Checker
Check multiple sites to see if they are really linking back to you.
Link Analyzer
Analyze incoming and outgoing links.
Backlink Checker
View the number of backlinks a site has listed.
Valid Link Checker
Use this tool to check for broken links on a website.